Senin, 14 Juli 2014

Penghemat Energi

KRlSlS energy memAng tidak sedemikian gawat, tetapi masih terus berlangsung. Rangkaian ini akan sangat berguna untuk menghemat energi dan pemborosan yang tidak bermanfaat. Sebuah relai yang terpasang di antara stop kontak dan TV, yang pengontrolannya dilakukan oleh rangkaian ini.
Di depan layar TV dipasang LDR yang mengikuti terus acara TV. LDR Ini akan mengindera kapan siaran TV berakhir (biasanyase telah siaran selesai layar akan gelap selama 2 sampai 3 detik). Jika ini terjadi, rangkaian ini akan membunyikan suara peringatan (alarm). Bila  penonton terbangun,maka ia harus menekan sebuah tombol, tetapi apabila ia tertidur, alat ini akan mematikan TV setelah 10 detik.
Jika siaran TV usai, gambar di layar akan gelap sebentar(ada pula yang gelap seterusnya). Akibatnya, resistansi LDR naik, T1 dan T2 mulai aktif pada suatu saat tertentu (diatur dengan P1). C1 akan terisi melalui R6 dan T2 dan tegangan di masukan N1 tunun. Jika layar dalam waktu 2 detik terang
kembali C1 mengosongkan muatannya melalui R6 dan R5 dan rangkaian tetap pada posisi normal. Jika layar tetap gelap, maka tegangan di keluaran N1 memblokir multivibrator astabil (N3, N4, dan N5) dan dan speaker terdengar bunyi untuk membangunkan yang tidur. Bila penonton bangkit dan tempat duduknya dan menekan tombol S1, maka flip-flop melompat kembali ke keadaan sebelumnya dan bunyi akan mati. Bila sementara waktu cahaya kembali jatuh ke LDR, maka tidak akan terjadi apa-apa. Bila S1 tidak ditekan, T3 akan tersumbat karena pada keluaran N2 terletak logika “0”. T dan T5 hanya bekerja akibat arus pengosongan C2 (melalui R9, dan R10). Akhirnya kedua transistor ini tidak bekerja sehingga relai melepas kontaknya dan TV akan mati. Nilai C2 dan R9 menghasilkan waktu tunda 10 detik dimana S1 harus ditekan yang tentunya tidak terlalu menyenangkan. S2 harus tetap menutup selama layar terang. Kemudian S1 ditekan untuk membisukan suara alarm. Baru sekarang relai menutup kontaknya dan penonton dapat dengan tenang menonton. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa mengikuti siaranTVdengan cara mi menuntut sedikit gerak badan dan karena manusia secara alami adalah pemalas, gerak badan ini dapat dikurangi. Di sini pemasangan S1 dan S2 berjauhan dengan LDR, dan tersimpan di tempat yang mudah terjangkau agar dapat duduk menonton dengan tenang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar