Senin, 29 Oktober 2012

Kesehatan Meningkat Dengan Cara Mandi Air Dingin

Kesehatan


 TCM memang memilki berbagai metode alternative alami dalam menjaga kesehatan masyarakat Cina kuno sejak turun temurun. Salah satunya yaitu aktifitas mandi air dingin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh atau istilahnya cold bathing, yang telah menjadi tradisi yang cukup lama dipraktekkan.

Pada jaman dulu untuk menjaga kesehatan, cold bathing dilakukan dengan berendam secara langsung didalam kolam, sungai ataupun danau, dimana temperatur air yang ada didalamnya adalah dibawah 20.

Kesehatan

Temperatur dingin yang dimanfaatkan disini adalah untuk menstimulasi ujung-ujung syaraf pada kulit untuk menarik aliran darah kembali ke pusat - pusat tubuh, Setelah selesai melakukan cold bath, darah akan terpompa dengan lebih cepat kembali keseluruh tubuh, yang dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh.  Respon yang dihasilkan juga dapat menstimulasi system syaraf dan membantu fungsi cardiovascular. Dalam TCM, ini dapat membuat permukaan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga meningkatkan kesehatan pertahanan tubuh dari pathogen external.
Keuntungan jangka panjang dari cold bath ini antara lain dapat membantu mengatasi berbagai keluhan seperti sakit kepala, insonmia, atau gangguan rasa gugup, serta ampuh untuk mencegah penyakit-penyakit cardiovascular, flu dan penyakit-penyakit saluran pernapasan, juga menstimulasi proses pencernaan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Kesehatan

Cold bathing dapat dipraktekan dengan langkah-langkah berikut :
  1. Mencuci wajah dengan air dingin. Pertama-tama, celupkan permukaan wajah kedalam air dingin / air es, lalu hembuskan napas hingga sepenuhnya melalui hidung. Angkat wajah dari air untuk mengambil udara lagi dan lakukan secar berulang-ulang sebanyak 5 s/d 10 x. Berikutnya, gunakan handuk basah untuk mengggosok wajah, telinga dan leher. Lalu lap kembali dengan handuk kering dan akhiri dengan mengosok-gosok bagian-bagian tersebut dengan tangan hingga berona kemerahan dan terasa hangat.
  2. Melakukan scrubbing pada tubuh dengan air dingin. Praktek ini menggabungkan rasa dingin dan pijatan. Aturan scrubbingnya adalah : wajah>>leher>> tungkai atas (tangan)>>punggung>>dada>>perut>>tungkai bawah (kaki). Ketika sedang menggosok bagian tungkai, lakukan berawal dari distal (ujung tangan atau kaki) ke arah proximal (bagian poros atas tungkai). Ini membantu darah untuk mengalir kembali ke jantung. Saat memulai, lakukan dengan gosokan pelan yang secara bertahap semakin kuat, hingga permukaan kulit di seluruh tubuh menjdi berona merah dan terasa hangat.
  3. Mandi air dingin. Mulailah dengan mencipratkan air dingin ke bagian tungkai - tungkai tubuh. Lalu gunakan handuk basah untuk menggosok bagian dada dan punggung. Kemudian gosoklah seluruh tubuh sambil berdiri dibawah kepala shower. Temperatur air dan waktu shower harus disesuaikan dengan masing-masing individu. Biasanya dilakukan sekitar 3 hingga 5 menit. Setelah selesai keringkan tubuh dengan baik, biarkan tubuh menjadi rileks, hangat dan terasa nyaman.
kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar