Rabu, 10 Desember 2014

Organ Sentuh Mini

MENGUBAH elektorfon menjadi organ sentuh mini tidaklah terlalu sukar.
Langkah pertama adalah merancang sebuah sakelar elektronik yang menghidup-matikan suara tunggal. ini mudah direalisasikan dengan menggunakan IC 7401. Kontak tombol elektorfon yang semula dengan resistor R9. .R35 dan R9a• •R35a sekarang tidak mempunyai fungsi dan dapat dihilangkan. IC 7401 memiliki transistor keluaran dengan kolektor terbuka. Dalam keadaan bekerja, keluaran transistor ini memiliki resistansi  yang rendah sehingga osilator suara dapat dengan mudah
terganggu.
Untuk setiap bunyi diperlukan sebuah resistor yang terhubung ke gerbang NAND. Melalui sebuah trimpot dan resistor, terminall keluaran NAND dihubungkan dengan elektorfon (resistor emitor T4). Jika salah satu titik sentuh TAP (touch activated programme switch) T1...T28 disentuh dengan jari, maka keluaran inverter akan tiuggi. Kondensator terisi melalui dloda kira kira setengah tegangan kerja. Pada masukari NAND potensial berubah melalui resistor 1 k ohm dan timbul lompatan tegangan dan logika “0” -ke logika “1”. Jika Anda melepaskan jari dan titik-sentuh, maka C1 membuang muatannya sehingga masukan NAND yang terhubung ke sensor menjadi “0”. Melalui semacam sakelar bertingkat yang dibentuk dengan lC, sakelar S1...S4 membuka kemungkinan untuk memainkan beberapa nada.
Pengendalian sakelar bertahap ini diambil alih oleh AMV yang dibangun oleh gerbang N29...N32. Register geser S1...S4 yang bekeja sebagai sakelar bertahap rnçndapat frekuensi èlock sekitar 400 Hz. Iniberarti setiap satu perioda, masing-masing keluaran menjadi “1” selama 2,5 ms.
Keluaran-keluaran dihubungkan dengan masukan kedua gerbang N1..N28, sehingga pada keluaran gerbang TAP yang diaktilkan ada satu sinyal. Dengan demikian nada-ñada dan béberapaTAP yang ditekan secara bersamaan dapat didengar. Nilai R1...R28 dan juga trimpot P1...P28 dapat dilihat pada Tabel 1. J. van Eynde)


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar