Selasa, 11 Februari 2014

Kotak Magnit Ajaib

Dalam percobaan kali mi anda akan kami ajak untuk membuat suatu proyek permainan yang dapat menarik perhatian anak-anak. Alat permainan ini dikenal dengan sebutan Kotak Magnit Ajaib, seba bagi anak-anak alat mi merupakan suatu barang yang aneh.
Bila di atas kotak mainan tersebut kita letakkan benda-benda terbuat dan metal berupa mainan anak-anak, misalnya tentara-tentaraan, mobil-mobilan kecil dan kita hidupkan Switch S1 maka perhatikan apa yang terjadi. Maka akan terlihat mobil-mobilan tersebut akan berputar-putar dan tentara berbans seperti dalam parade dan benda metal Iainnya akan ikut berputar tak henti-hentinya.
Prinsip dasarnya terletak pada magnit berbentuk silinder yang dipasarig pada motor DC yang murah harganya. Magnitnya sendiri diletakkan di bawah kotak dan megnit inilah yang menghasilkan bIdang bidang bermuatan magnit apabila digerakkan oleh.motor tadi.
Untuk mengatur cepatnya perputaran magnit anda dapat mengatur potensiometer R1. Untuk lebih menarik perhatian anak-anak sebaiknya kotak mainan mi diberi berwarna, misalnya warna merah atau hijau.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar