Rabu, 21 Januari 2015

TEKA - TEKI


TEKA-TEKI lama mengenai serigala, kambing dan kol dapat dipecahkan dengan rangkaian elektronik ini. Teka teki  ini berbunyi kira-kira sebagai berikut :
Seorang petani dating dengan seekor serigala, seekor kambing, dan sekeranjang kol ke tepi sungai. Di situ timbul masalah, bagaimana caranya ia mencapai seberang sungai tanpa terjadi serigala memakan, kambing atau kambing memakan kol. Perahu untuk menyeberangi sungai ini hanya dapat membawa sebuah barang atau seekor binatang dengan petani.
Dan tabel logika muncul kapan dan pada sisi sungai mana eksistensi dan kambing atau kol terancam. Logika “0” berarti tepi kanan, logika “1” untuk tepi kiri. “Bahaya” ditunjukkan oleh logika “1”. Dengan bantuan Diagram Karnaugh yang disusun untuk tepi kiri dan tepi kanan, memungkinkan kita untuk menurunkan persamaan Boolean. Berdasarkan persamaan ini, rangkaian yang diperlukañ dapat dibuat (dimplementasikan).
Dari tabel untuk tepi kanán didapat:


 Dari tabel untuk tepi kiri didapat:



Gambar 1 dan 2 menunjukkan rangkaian ekuivalen untuk persamaan



,

Boolean R (kanan) dan L (kiri) tersebut. Kombinasi dan. kedua rangkaian ini menghasilkan rangkaian yang ditunjukkan pada Gambar3. Pada rangkaian  ini terdapat dua buah inverter, pada kedua keluaran L dan R (lihat tanda O)untuk mengendalikan lampu. Logika “1” berarti lampu menyala. Dengan sakelar S1...S4.. dapat diatur pemecahan yang diduga. Setelah mengaktilkan tombol S5 lampu-lampu mengindikasikan pada sisi manakah bahaya mengancam. Pada awal permainan semua sakelar harus terbuka atau tertutup (semua pada posisi yang sama). Lalu sakelar4(petani) dan sakelar berikutnya diaktitkan. Bila petani berlayar kembali (S4 pada posisi akhir), maka S5 diaktifkan dan seterusnya. (B. Insel)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar