Rabu, 22 Januari 2014

Vaksin Penting Prakehamilan



Vaksin penting prakehamilan, Pemberian vaksin prakehamilan penting bagi pertumbuhan janin. Terlebih lagi pada 8 minggu pertama ketika fase embriologis berlangsung. Pada masa mi kesehatan ibu haws terjaga secara baik, agar tidak memengaruhi pertumbuhan janin.




Vaksinasi MMR  ( Measles, Mumps, Rubela).
Rubela adalah infeksi yang ditandai gejala bercak kemerahan (pink-red rash) pada wajah yang kemudian meriyebar ke bagian tubuh lain, disertai demam ringan dan pembesaran kelenjar getah bening, Ibu hamil yang terinfeksi virus rubela pada tiga bulari pertama berisiko mengalami gangguan pembentukan dan perkembangan janin sebesar 50-85 persen. Janin yang teririfeksi rubela, mengalami kelainan tipikal yang disebut sindrom rubela kongenital; berupa gangguan mata (katarak), jantung, atau lingkar kepala yafT mengecil (mikrosefalus). Umumnya 1 dan 10 bayi yang mengalami infeksi rubela akan meninggal dalam usia saw tahun. Tidak ada yang dapat dilakukan terhadap ,janin bila di masa hamil ibu terinfeksi rubela. Maka, lakukan vaksinasi MMR pada 2 minggu pertama kehamilan.

Vaksinasi TT (Tetanus Toksoid)
Tetanus (lockjaw) adalah penyakit yang disebabkan oleh racun bakteri Clostridium tetani, yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui luka yang menyebabkan infeksi pada rahim ibu dan bayi (Tetanus neonatorum). Biasanya vaksinasi U ditawarkan pada pasangan calon pengantin yang akan menikah.


Vaksinas Hepatitis
Hepatitis adalah infeksi peradangan hati yang disebabkan virus. Sifat penularan virus yang sangat mudah, menyebabkan hepatitis dapat ditularkan ibu ke janin selama dalam kandungan, saat dilahirkan, maupun setelahnya. Meski tidak ditemukan cacat bawaan pada bayi yang terinfeksi hepatitis B sejak dalam kandungan atau jika ibu di masa hamil menderita hepatitis B, bayi tersebut dapat mengidap penyakit hati kronis seperti hepatitis kronis, sirosis hati, dan hepatoma (tumor hati yang ganas).



Jadwal Vaksinasi Dewasa
Vaksin
Dosis 1
Dosisi 2
Dosis 3
Dosis Penguat/booster
Penerimaan Vaksin
Hepatitis A
Sesegera mungkin
setelah dosis I
6-12 bulan
Tidak perlu
Tidak perlu
tertular
Mereka yang berisiko
Hepatitis B
Sesegera mungkin
1 bulari setelah
dosis I
5 bulan setelah
dosis Ii
Diulang tiap 5
tahun
Semua umur
Campak,
Gondong,
Rubela (MMR)
Sesegera mungkin
>28 han setelah
dosis I
Tidak perlu
Tidak perlu
Mereka yang berisiko tertular




Tidak ada komentar:

Posting Komentar