Kamis, 10 April 2014

PEMBERI CAIRAN PELEMBUT OTOMATIK



BANYAK mesin cuci  tua yang tidak memiliki pembilasan otomatik dengan pelembut pakaian pada tahap akhir pencucian. Ketidak-lengkapanini dapat dibantu dengan rangkaian yang sederhana mi.
Relai A dirangkaikan ke kumparan motor penggerak. Pada proses pemerasan pertama, relai mi menanik Iidah kontaknya dan ie1ai B juga akan mengontakmelalui kontaka3-a4. B akan tetap mengontak dengan sendininya melalui kontak b6-b7. Setelah proses pemerasan pertama, A akan
melepas kontaknya, sekarang relai C akan mengontak melalui a4-a5-b3-b4 dan mengontak dengan sendirinya melalui kontak c3-c4. Pada pemerasan kedua, A akan kembali menarik, kumparan dani relai D mendapat tegangan melalui kontak a6-a7-c6-c7. D menarik lidah kontaknya dan bertahan melalui lidah kontaknya sendiri d3-d4. Jika pemerasan kedua selesai, inaka relai A melepaskan lidah kontaknyà. Melalui S3, lidah kontak a10-a11 dan d6-d7, motor penggerak untuk pembenian pelembut pakaian mendapat tegangan dan menuang bahan pelembut ke dalam mesin cuci tensebut (lihat Gambar 2).
Pada as motor itu seain dipasang tabung untuk bahan peembut, juga dipasang semacam noken yang bisa mengaktifkan tiga sakelarmikro secara beruntun pada saat motor berputar (lihat Gambar 3). Mula-mula sakelar S menutup karena sakelar S1 bersifat kontak pada saat non aktif. Melalui S1 dan S3 motor mendapat tegangan dan berputar terus. Kemudian sakelar 2 difungsikan sehingga relai B, C dan D
melepaskan lidah kontaknya. Jika noken mencapai sakelar S3 sakelar mi memutuskan arus sehingga motor akan berhenti berputar. Tabung untuk pelembut akan berputar 180 derajat, sebinggabagianpembukanyaniengarah ke bawah dan bahan pelembut dapat mengalir. Pada pemerasan terakhir (yang ketiga) lidah kontak a9 dan a10 menutup dan motor akan berputar ke posisi awal (S1 buka).
Pambuatan, Penyambungan, dan Pengamanan Listrik
Relai, motor, dan sakelar mikro ditempatkan pada kotak logam yang kedap air, danjugaharus memiliki pengground-an yangbaik. Kalautidak, akan sangat berbahaya. Terutama as motor harus sangat diperhatikan, as dan plastik sangat diutamakan, as dan metal hanyaboleh digunakanjika pada setiap posisi ter-ground dengan benar.
Penyambungan dan rangkaian ke mesin cuci tidak menimbulkan kesulitan Kumparandari relaiA disambung ke motor penleras, sambungan nomer 1 dan 5 dihubungkan ke sumber listrik dan nomer 4 ke bagian kontak proteksi dan mesin. Perlu diperhatikan bahwa semua kabel penghubung tidak boleh tergesek atau terjepit. Pada waktu pemasangan, stop kontak harus selalu dicabut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar