Rabu, 02 Juli 2014

Lampu Sein Berbunyi

PADA kebanyakan mobil, lampu sein akan mati sendiri setelah membelok, ketika kemudi diputar-balik. Ketika mendahului kendaraan lain tidák demikian halnya. Seringkali kita kelupaan mematikan lampu sein, dan ini dapat membingungkan pengendara lainnya. Rangkaian berikut ini memberikan sinyal berupa bunyi ke pengemudi selama lampu sein menyala.
Tegangan untuk rangkaian ini diambil dan sambungan antara lampu sein dan sakelarnya. Penulis memberikan aliran catuan terpisah untuk masing-masing arah. Dengan demikian, tinggi nada untuk kedua arah belok dapat diatur. Pada saat lampu sein kiri menyala, maka dioda D1 dan D3 akan
menghantar, osilator UJT mulai bekerja, C1 dan C2 mengosongkan muatannya melalui UJT. Bila lampu sein kanan menyala, D3 terblokir, sedangkan C1 terisi melalui R1. Pengosongan muatan berlangsung melalui speaker. Apabila perbedaan tinggi suara tidak dikehendaki, C2 dapat dibuang dan D3 diganti dengan kawat.
Rangkaian ini sangat berguna untuk mempertinggi keamanan lalu-lintas. Selain itu, rangkaian ini pemasangannya sangat mudah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar